Lakon Wayang Kulit

Dalam dunia pedalangan wayang kulit, dikenal istilah lakon baku, lakon sempalan, dan lakon carangan. Lakon baku adalah lakon yang ceritanya langsung diambil dari Serat Pustaka Raja Purwa. Lakon sempalan adalah lakon hasil pengembangan dalang, yang diambil diambil dari adegan lakon baku, sedangkan lakon carangan adalah lakon-lakon tambahan hasil kreatifitas dalang, tidak terpaku pada cerita atau adegan lakon baku. Lakon carangan tidak terbatas, sehingga masih dimungkinkan muncul lakon-lakon carangan yang baru dengan kisah yang berbeda.

Menurut jenisnya, lakon wayang sendiri kemudian berkembang hingga dapat digolongkan menjadi beberapa kriteria pagelaran yang akan menuntun para pemirsanya lebih memahami cerita wayang :

1. Lakon Raben atau alap-alapan (perkawinan), yaitu cerita yang mengisahkan segala hal berkaitan dengan hubungan antara satria dan putri raja atau bidadari, hingga mengarah ke kisah perkawinan.

2. Lakon Lahir, yaitu cerita tentang kelahiran suatu tokoh wayang.

3. Lakon Kraman, yaitu cerita tentang kejadian antartokoh utama dalam sebuah konflik kekuasaan, pemberontakan, dan perebutan kekuasaan.

4. Lakon Wahyu, yaitu cerita tentang perjalanan tokoh wayang dalam menerima anugerah wahyu dari para dewa.

5. Lakon Mistik, yaitu cerita tentang perjalanan tokoh wayang dalam mencari hakikat hidup atau ilmu luhur yang mengandung ajaran nilai-nilai falsafah hidup

6. Lakon Tragedi, yaitu cerita tentang peperangan, misalnya kisah-kisah dalam perang Bharatayuda antara Pandawa dan Kurawa.

7. Lakon Ruwat, yaitu cerita tentang hal-hal yang berhubungan dengan tolak bala atau untuk menghindari bencana bagi orang atau masyarakat tertentu.

8. Lakon Jumenengan, yaitu cerita tentang perjalanan seorang tokoh wayang yang hendak dinobatkan menjadi raja.

3. Lakon Kraman, yaitu cerita tentang

This entry was posted in Cerita Wayang and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>